Saraf Mata Lemah

Saraf Mata Lemah

Saraf Mata Lemah

Saraf Mata Lemah,- Mata manusia terdiri dari beberapa bagian organ yang memiliki kerja sama untuk mentransmisi kan cahaya ke otak yang kemudian dicerna oleh sistem saraf. Saraf-saraf mata sangat rentan terhadap masalah dan bisa menyebabkan gangguan penglihatan. Apabila pandangan mata menjadi ganda atau kabur, maka itu menunjukan adanya gejala penyakit yang disebabkan saraf mata lemah.

Saraf Mata Lemah

Selain untuk menangkap objek benda, fungsi dari saraf mata adalah untuk menggerakkan bola mata ke arah yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan otak anda. Saraf pada mata sangat lemah dan rentan terkena masalah, banyak masalah pada mata dan itu semua disebabkan oleh saraf mata yang lemah. Pada penderita rabun jauh saja menandakan kalau adanya masalah pada saraf mata, kemudian kerusakan pada saraf mata cukup berbahaya karena bisa sebabkan kebutaan.

Saraf mata sendiri menjadi lemah karena adanya hambatan aliran darah menuju bola mata sehingga membuat bola mata membesar dan menekan saraf mata yang akhirnya saraf tidak memperoleh aliran darah dan menjadi mati.

Gejala Saraf Mata Lemah

Gejala saraf mata lemah bisa berupa mata minus, mata plus, mata merah, mata juling, dan beberapa penyakit mata lainnya. Pada awalnya, gejala dari saraf mata yang lemah adalah terjadinya penurunan kemampuan melihat tapi lama kelamaan bisa terjadi masalah kebutaan yang serius. Gejala saraf mata lemah pun bisa memunculkan beberapa masalah kesehatan seperti berikut ini :

  • Timbul rasa cemas yang tidak biasanya. Saraf pada mata masih terhubung dengan otak, maka apabila terdapat masalah atau saraf mata menjadi lemah, maka hal tersebut akan membuat seseorang menjadi cemas. Penglihatan yang berubah menjadi buruk pun dapat memicu timbulnya kecemasan.
  • Kelemahan pada saraf otot mata. Hal ini biasanya terjadi pada penderita mata juling yang merupakan tanda dari kerusakan saraf mata. Gerakan mata jadi terbatas dan tidak sebebas menggerakkan mata sehat seperti biasanya. Terkadang gejala ini bisa berupa kesulitan ketika menggerakkan bola mata.
  • Terjadi penurunan melihat dan mendapatkan beberapa gangguan mata seperti, pandangan mata kabur, penglihatan ganda dan lain sebagainya.
  • Muncul rasa sakit kepala atau pusing, serta mata menjadi merah dan terasa perih.

Apabila anda mendapati gejala saraf mata lemah, misalnya anda merasakan ada yang berbeda dari penglihatan anda disarankan untuk segera menghubungi dokter untuk melakukan beberapa tes agar mendapatkan diagnosa yang pasti. Melakukan tindak penanganan sejak dini merupakan cara terbaik untuk dilakukan agar bisa mendapatkan penanganan serius dan masalah tidak berlanjut menjadi parah.

Penyebab Saraf Mata Lemah

Secara umum, adanya hambatan aliran darah menuju bola mata merupakan penyebab saraf mata menjadi lemah. Saraf mata yang tertekan dan aktivitas mata yang berat pun bisa menjadi penyebab saraf mata menjadi lemah. Meski jarang ditemukan, kelainan pada mata sejak lahir merupakan penyebab dari saraf mata yang menjadi lemah.

Mungkin faktor keturunan bisa berpengaruh, tetapi faktor keturunan masih bisa dihindari dan diatasi. Berbeda dengan kelainan sejak lahir yang tidak dapat dihindari apalagi diatasi begitu saja.

Jadi secara keseluruhan, penyebab saraf mata lemah adalah :

  • Faktor keturunan.
  • Faktor usia.
  • Kelainan sejak lahir.
  • Kecelakaan.
  • Saraf mata tegang karena radiasi.
  • Kelelahan pada mata.
  • Terkena radiasi alat elektronik dan gadget.
  • Memiliki riwayat penyakit mata.
  • Terkena komplikasi atau gejala penyakit tertentu.

Untuk komplikasi dan gejala penyakit tertentu, biasanya orang yang menderita penyakit diabetes akan terkena masalah saraf mata lemah. Selain diabetes, penyakit darah tinggi, stroke dan adanya masalah pada otak pun bisa menjadi penyebab seseorang menderita saraf mata lemah.

Selalu mengistirahatkan mata, mengurangi aktivitas berat pada mata, dan memberikan asupan nutrisi cukup untuk mata merupakan cara terbaik agar bisa terhindar dari masalah saraf otot mata dan menjaga mata agar selalu sehat.

Diterbitkan oleh : Eye Care Softgel

Leave a Comment