Penyebab Mata Astigmatisma

Penyebab Mata Astigmatisma

Penyebab Mata Astigmatisma,- Ada banyak masalah atau nama penyakit yang menyerang kesehatan mata. Tidak hanya miopia dan katarak saja, tapi masih banyak masalah pada mata yang belum anda kenal, termasuk astigmatisma yang mungkin masih asing di telinga anda.

Astigmatisma

Penyebab Mata Astigmatisma

Astigmatisma adalah gangguan pada mata yang dimana terjadi cacat pada lengkungan lensa atau kornea yang membuat pandangan menjadi terdistorsi atau kabur. Astigmatisma pada umumnya muncul ketika lahir, tapi bisa juga disebabkan oleh cedera yang dialami oleh mata di kemudian hari atau karena komplikasi operasi mata.

Penyakit ini menyebabkan jarang pandangan atau ketajaman mata anda terganggu seperti orang yang sedang menderita miopia atau rabun jauh, tapi terkadang bisa juga seperti penderita rabun dekat. Apabila anda membiarkan masalah mata astigmatisma, maka bisa membuat sakit kepala dan juga mata yang terasa lelah, bahkan pada saat anda menggunakan mata dalam waktu lama.

Astigmatisma sendiri disebabkan oleh lensa atau kornea mata yang tidak mulus sehingga membuat cahaya masuk ke mata menjadi tidak fokus ketika diteruskan ke retina. Maka dari itu, pandangan yang akan dirasakan menjadi buram.

Berdasarkan posisi kerusakannya, ternyata astigmatisma ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah astigmatisma korenal yang disebabkan oleh cacat pada kornea mata, sedangkan yang kedua adalah karena lensa mata yang cacat dan disebut astigmatisma lentikular.

Berdasarkan jenis kerusakannya, ada dua jenis astigmatisma, yaitu regular dan irregular. Astigmatisma regular merupakan suatu sisi kornea mata yang melengkung dari sisi lainnya. Kondisi ini adalah kondisi umum yang banyak ditemui dan bisa diobati dengan bantuan kacamata atau lensa mata. Astigmatisma irregular merupakan kornea mata yang tidak rata dan ada pada satu sisi, tapi di selurun permukaan kornea. Kondisi ini biasanya dipicu karena cedera yang membuat luka pada kornea. Kondisi ini bisa diobati dengan menggunakan bantuan lensa kontak, tapi bisa diobati dengan kacamata.

Penyebab astigmatisma yang umumnya terjadi sejak lahir, biasanya penyebab pasti kondisi ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Ada beberapa asumsi yang menyatakan kalau masalah astigmatisma ini bersifat keturunan di dalam keluarga. Kondisi ini juga sering dijumpai pada bayi yang berat badannya rendah atau lahir prematur.

Beberapa faktor penyebab astigmatisma lainnya adalah :

  • Komplikasi karena operasi mata.
  • Cedera pada kornea akibat infeksi.
  • Kelopak mata yang membuat struktur kornea terganggu. Misalnya ada benjolan pada kelopak mata yang membuat kornea tertekan.
  • Terkena masalah keratoconus dan keratoglobus, yaitu kondisi kornea yang bisa berubah bentuk, baik menggelembung atau menipis.
  • Terkena masalah mata yang membuat kornea terganggu.

Penyebab astigmatisma yang perlu anda ketahui lainnya adalah rabun jauh dan rabun dekat. Masalah rabun jauh dan rabun dekat bisa datang disertai dengan astigmatisma.

Eye Care Softgel

Leave a Comment