Kebiasaan Buruk Merusak Mata

Kebiasaan Buruk Merusak Mata

Kebiasaan Buruk Merusak Mata

Kebiasaan Buruk Merusak Mata,- Kacamata hanya bisa membantu anda melihat saja, jadi kacamata tidak dapat menyembuhkan masalah pada mata anda. Oleh karena itu, jaga selalu kesehatan mata anda dan jauhi beberapa kebiasaan buruk merusak mata.

Kebiasaan Buruk Merusak Mata

Pada zaman sekarang ini menerapkan gaya hidup sehat memang sangat sulit, terutama menjaga kesehatan mata. Aktivitas sehari-hari yang anda lakukan selain menguras tenaga, tapi terkadang membuat tenaga mata anda ikut terkuras juga.

Mata anda juga perlu istirahat agar bisa selalu sehat, tapi karena kondisi dan suatu pekerjaan yang anda lakukan, membuat mata anda selalu bekerja keras tanpa istirahat.

Sehingga, yang awalnya hanya berupa tuntutan pekerjaan membuat hal tersebut menjadi suatu kebiasaan buruk yang dapat merusak mata.

Selain itu, pada zaman sekarang perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan membuat manusia lupa kalau beberapa pola perilaku dan kebiasaan yang dilakukan bisa merusak kesehatan.

Beberapa kebiasaan buruk pun ada yang dapat merusak mata, berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk merusak mata :

Menatap Smartphone Terlalu Lama

Anda selalu berusaha menatap teks kecil pada ponsel cerdas yang anda miliki dengan penerangan dan radiasi yang cukup membahayakan untuk kesehatan mata. Bahkan anda pun terlalu asik sampai lupa kalau anda telah memainkan ponsel cerdas yang anda miliki selama berjam-jam. Hal ini bisa membuat pandangan mata anda menjadi kabur, mata kering, pusing dan mual.

Mulai dari sekarang coba letakkan ponsel cerdas anda setiap 20 menit untuk memberikan waktu istirahat pada mata. Atau sebaiknya anda juga rubah font tulisan pada ponsel anda menjadi besar, sehingga mata anda tidak terlalu berat bekerja.

Menonton TV Di Malam Hari

Dulu acara TV pada malam hari tidak terlalu menarik, sehingga banyak yang memanfaatkan waktu tersebut untuk tidur. Tapi sekarang zaman sudah berubah, acara sepak bola di TV selalu tayang tengah malam sampai subuh, bahkan acara lainnya pun sangat menarik untuk ditonton dan tayang pada malam hari. Parahnya lagi anda menonton TV dalam keadaan ruangan yang gelap, padahal berdasarkan fakta menonton TV dengan cahaya yang gelap bisa mempercepat kerusakan mata.

Di samping itu, membaca buku pada ruangan yang gelap juga tidak disarankan. Jadi sebaiknya, anda nonton TV atau membaca buku harus pada ruangan yang terang dan jangan membiasakan menonton TV sampai tengah malam, karena bukan mata saja yang perlu istirahat, tubuh dan pikiran pun harus di istirahat kan dengan waktu tidur yang cukup.

Tidur Sambil Memakai Lensa Kontak

Anda memiliki pekerjaan yang sangat sibuk sampai-sampai pulang ke rumah selalu malam. Anda kelelahan dan mengantuk sehingga anda merasa malas untuk melepas lensa kontak mata anda. Kebiasaan tersebut sudah menjadi kebiasaan buruk merusak mata yang sering saya jumpai di zaman sekarang dan sepertinya memang sudah menjadi sesuatu yang biasa.

Perlu anda ketahui, memakai lensa kontak pada saat tidur akan menyebabkan mata terkena infeksi, kerusakan pada mata pun dapat bersifat permanen. Jadi sebelum terlambat, anda tidak boleh malas untuk melepas lensa kontak anda ketika mau tidur.

Mengucek Mata

Rasa gatal pada mata atau anda kelilipan dan mata terasa perih, maka cara cepat untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengucek mata. Mengucek mata bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah kelopak mata terputus, jadi cukup bahaya juga jika mengucek mata. Maka saat terkena iritasi atau mata terasa gatal, coba tahan sebentar lalu basuh mata dengan air dingin yang mengalir.

Penggunaan Obat Tetes Mata Secara Berlebihan

Karena merasa mampu untuk membeli obat tetes mata secara terus menerus, maka ketika gatal sedikit langsung pakai obat tetes mata, ketika mata kering, langsung pakai obat tetes mata, ketika mata kelilipan, langsung pakai obat tetes mata. Padahal melakukan penggunaan obat tetes mata yang dilakukan secara berkepanjangan dan terus menerus atau berlebihan, bisa membuat mata menjadi merah, mengering dan terasa perih.

Dokter ahli mata mengatakan kalau obat tetes mata hanya dipakai dalam waktu yang singkat saja, artinya cukup dipakai sekali jika benar-benar mata terasa perih atau kering. Lagi pula, penggunaan obat tetes mata harus dilakukan sesuai dengan apa yang di resep kan dokter, jadi anda tidak boleh memakainya secara sembarangan sampai berlebihan.

Melakukan Diet Yang Tidak Seimbang

Ketika anda sedang menjalani program diet, maka porsi makan anda dikurangi. Jika dilihat, sekarang ini kebanyakan orang lupa kalau diet yang dijalaninya hanya mengurangi asupan nutrisi penting untuk tubuh saja. Beberapa makanan yang sehat sangat dibutuhkan untuk mata, sebab nutrisi dan gizi yang diperlukan bukan hanya untuk tubuh saja, tapi mata juga membutuhkannya. Sayuran dan beberapa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk mata.

Penting untuk anda ketahui, sekarang ini ada banyak program diet sehat yang hanya memberikan nutrisi untuk tubuh saja tapi tidak untuk mata. Maka sebaiknya anda pastikan menu diet sehat anda merupakan makanan yang banyak mengandung air agar mata tidak dehidrasi dan kering.

Penggunaan Riasan Mata Yang Salah

Krim maskara, eyeliner, dan eye shadow merupakan riasan mata yang sering digunakan di dekat mata anda. Menggunakan riasan mata yang salah sangat berisiko merusak mata, maka pastikan anda menggunakan riasan mata jauh dari garis bulu mata anda.

Sebaiknya anda buang semua produk riasan mata anda ketika sudah 3 bulan. Riasan mata yang sudah lama suka dihinggapi bakteri, apalagi jika anda menyimpan riasan matanya pada tempat yang gelap dan lembap.

Tidak Mendapatkan Waktu Tidur Yang Cukup

Untuk orang-orang yang memang bekerja sampai lembur mungkin sangat sulit untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, jadi sebaiknya anda manfaatkan waktu luang untuk memejamkan mata, karena melakukan hal tersebut juga bisa membuat mata anda beristirahat. Tapi anehnya, sekarang ini orang yang jam kerjanya tidak sampai malam malah begadang sampai tengah malam, sehingga waktu tidur yang diperlukan pun menjadi terganggu.

Mata perlu istirahat dan waktu istirahat yang paling baik adalah tidur, apabila anda memiliki waktu tidur yang tidak cukup atau kurang, maka bisa mempercepat kerusakan pada mata. Satu hal lagi yang perlu anda ketahui, kelebihan waktu tidur pun bisa merusak mata. Jadi waktu tidur yang cukup itu sekiranya ada 8 jam.

Tidak Menggunakan Kacamata Pelindung Saat Berkendara Motor

Pengguna motor memang memakai helm dan helm nya juga berkaca, jadi mereka beranggapan sudah cukup untuk melindungi mata. Jika kaca helm nya gelap maka boleh-boleh saja, tapi berbeda jika helm kaca nya bening. Paparan sinar matahari dapat merusak mata, terutama anda yang pengendara motor pastinya akan menerpa polusi dan debu. Maka untuk bisa melindungi mata, anda harus menggunakan kacamata.

Pakailah kacamata gelap apabila kondisi jalanan terang benderang dan penuh paparan sinar matahari. Sekarang ini sudah banyak helm yang memakai double visior, dan tentunya inovasi tersebut dibuat untuk melindungi mata. Jadi pakailah helm yang sudah ada double visior nya agar praktis.

Jarang Cek Mata Ke Dokter

Kebiasaan orang Indonesia adalah tidak mau pergi ke dokter jika tidak sakit, termasuk pada masalah mata. Padahal anda selalu menggunakan mata setiap hari, jadi tidak salahnya anda mau berkunjung ke dokter hanya untuk sekadar mengecek kesehatan mata. Dokter menyarankan agar setiap orang selalu mengecek kesehatan matanya dengan rutin dan teratur, hal tersebut melakukan upaya pencegahan terjadinya kerusakan pada mata.

Tiba di penghujung informasi. Kebanyakan orang memang memiliki beberapa kebiasaan yang telah saya sebutkan di atas, tentunya untuk merubah suatu kebiasaan itu memang sulit.

Setidaknya dengan merubah kebiasaan anda sedikit demi sedikit maka anda bisa menjauhi atau merubah beberapa kebiasaan buruk merusak mata tersebut. Dengan demikian anda pun bisa mendapatkan mata yang selalu sehat terjaga.

Diterbitkan oleh : Eye Care Softgel

Leave a Comment